top of page

5 Ide Usaha Online 2020 Yang Menjanjikan

Kerajinan Kayu - Tahun ini bisa dibilang tahun yang sulit khususnya bagi dunia bisnis. Betapa tidak, tahun ini dunia diguncang dengan virus Corona atau Covid-19 yang telah menelan korban jutaan orang. Awal kemunculan di Wuhan sangat mengejutkan karena tentu saja Cina adalah negara yang sedang ada di puncak prestasi di bidang ekonomi. Dari Cina menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.



Sampai tulisan ini dibuat saja sudah ada 24 ribu korban jiwa baik yang masih dirawat atau yang sudah meninggal dunia. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat.

Semua kondisi serba sulit. Dunia pendidikan, aktivitas peribadatan dan aktivitas jual-beli juga terhambat. Pemerintah menyarankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di mana semua warung diperketat. Orang tidak lagi bisa berkumpul seenaknya.

Dan akhir-akhir ini sudah banyak tuntutan dari masyarakat atas biaya hidup mereka. Selama Covid-19 hampir semua sektor ekonomi lumpuh. Dan pemerintah, dengan keterbatasan mereka, tentu tidak bisa menanggung semua akibat ekonomi.


Lalu bagaimana?

Pemerintah secara bertahap sebenarnya sedang mencari jalan keluar. Mereka mempertimbangkan pemulihan ekonomi dengan pertimbangan untuk menyelamatkan krisis. Di sisi lain mereka juga harus memperhatikan protokol kesehatan.


Ide Usaha?

Meskipun demikian sebenarnya banyak usaha yang menjanjikan. Postingan kali ini berusaha menjelaskan usaha-usaha yang bisa dijalankan di masa pandemic seperti sekarang ini.


1. Penerjemah

Penerjemah adalah skill yang memukau. Tidak semua orang bisa menerjemahkan sebuah karya dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Penerjemah adalah mereka yang benar-benar mahir dan punya jam terbang tinggi sehingga mampu menyampaikan pesan/gagasan dari sebuah karya. Penerjemah saat ini masuk dalam usaha yang unik. Dalam arti tak membutuhkan kerja fisik sebagaimana kerja lainnya. Anda bisa men-direct kerja ini dari rumah sehingga ketika work from home seperti sekarang ini tak jadi soal


2. Desain Grafis

Anda punya bakat desain grafis? Beruntung. Sebab sekarang kerja desain grafis sangat diminati. Bahkan perusahaan mencari desainer grafis. Hal ini karena kelangkaan orang yang memahami desain secara baik. Dan belum lagi desain seperti ini bisa dikerjakan di manapun. Artinya anda mengandalkan kecerdasan otak dan skill tangan. Banyak kok perusahaan yang ingin merekrut desain grafis baik sebagai freelance atau permanen.


3. Fotografer

Saat ini dunia fotografi sedang naik daun. Tapi sedikit dari mereka yang benar-benar memahami foto sehingga menjadi fotografer. Padahal karir sebagai fotografer saat ini sangat besar potensinya. Entah fotografer pernikahan dan fotografer produk adalah salah satu fokus yang bisa anda tekuni. Perusahaan-perusahaan biasa bekerja sama dengan fotografer untuk membuat produk mereka menarik di mata konsumen.


4. Customer Service

Customer Service atau CS adalah profesi yang sering diabaikan. Padahal perannya sangat vital bagi sebuah bisnis. Saat ini banyak para pelamar CS di media sosial yang menggunakan model direct. Artinya kerja jarak jauh yang tidak perlu mengantor. Yang penting mereka bisa memastikan target penjualan perusahaan.


5. Dropshipper

Dropshipper adalah usaha yang saat ini diidam-idamkan para pebisnis muda. Mengapa? Sebab usaha ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak seperti usaha pada umumnya. Yang terpenting adalah model dan metode berjualan anda.

Kesimpulan

Banyak ide usaha yang bisa anda eksplorasi lebih jauh. Di masa pandemik seperti sekarang ini kita perlu usaha agar bisa tetap hidup dan bertahan. Terima kasih sudah membaca ulasan 5 Ide Usaha Online 2020 Yang Menjanjikan. Jangan lupa share ke teman anda.




***

Terima kasih pada owner kerajinan kayu yang telah bekerja sama dengan kami untuk menerbitkan tulisan ini.

10 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page