top of page

Mengenal SEO, Jurus Ampuh Marketing di Era 4.0

Updated: May 11, 2020


Apakah anda pernah mendengar istilah SEO? SEO adalah search engine optimization. Sebuah teknik untuk menaikkan ranking website di halaman satu google. Mungkin sebagian dari anda sudah mendengar entah dari teman atau membaca berita di media online. Memangnya apa sih peran SEO bagi online shop?


Pada awal tahun 2020 sebuah riset di Amerika Serikat merilis biaya belanja perusahaan untuk membayar SEO. Pada tahun 2016 perusahaan-perusahaan menghabiskan total dana 65 miliar dollar untuk membiayai SEO. Angka itu terus naik pada tahun 2020 menjadi 79 miliar dolar. Dari sini kita bisa lihat bahwa SEO sudah menjadi industri yang penting. Peran SEO bagi perusahaan sangat vital karena menjadi ujung tombak marketing mereka.


Saya analogikan secara sederhana: anda punya sebuah bisnis fashion baju muslim. Karena merasa ingin membangun toko online sendiri anda membangun website yang mendisplay produk jualan. Peran SEO dalam hal ini adalah menghadirkan produk jualan anda ke konsumen melalui internet. Tapi di situlah kendalanya. Tidak mudah untuk bisa sampai ke konsumen karena ada banyak kompetitor. Anda harus bertarung untuk mengangkat website di halaman 1 google. Karena itu ketika membangun website anda harus perhatikan banyak hal: penamaan produk, target wilayah, gambar produk, dan mengoptimasi. Kesemuanya itulah yang mengangkat situs anda.


Sebenarnya ada jalan lain yang bisa ditempuh selain SEO. Misalnya Facebook Ads, Instragram Ads, Google Adword. Metode ini sayangnya tidak gratis. Semakin luas cakupan target market anda maka semakin besar biaya yang anda keluarkan. SEO tidak demikian halnya. Pada dasarnya SEO adalah teknik yang murah. Seringnya gratis. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa berbayar. Tergantung kesulitannya. Tapi meskipun sama-sama berbayar, SEO jauh lebih baik karena bisa bertahan lama.


Apakah SEO bisa saya lakukan sendiri? Bisa. SEO bisa dilakukan oleh siapapun. Termasuk anda. Tetapi anda perlu belajar dari awal agar tahu bagaimana aturan dalam dunia SEO. Saya kira di internet bertebaran panduan internet. Anda tinggal pelajari dulu dasar-dasarnya. Sebenarnya blog saya ini bertujuan untuk sharing informasi tentang digital marketing. Karena sampai saat ini masih banyak pelaku bisnis yang belum memahami bagaimana meningkatkan penjualan mereka melalui internet. Padahal di negara-negara maju perusahaan-perusahaan sudah menggunakannya. Kecanggihan teknologi atau yang biasa disebut revolusi 4.0 benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi.


Pada kesempatan kali ini saya ingin sampaikan hal yang paling mendasar agar anda bisa memahami SEO secara sederhana. Di kesempatan lain saya akan berbagi tips bagaimana memulai SEO.


Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mempelajari SEO:


Riset Kata Kunci (Keyword Research). Riset kata kunci sangat penting karena hal itulah yang akan mempermudah calon pembeli menemukan situs anda. Riset kaca kunci ini nantinya yang menentukan bagaimana anda memberi nama produk, kota target, maupun informasi penting lainnya.

Menganalisa Kompetitor. Dalam bisnis kompetitor selalu ada. Itu tandanya bisnis sehat. Tapi anda ingin mendapat banyak pelanggan. Nah anda harus amat bagaimana kompetitor bermain. Dengan itu anda bisa menggunakan trik yang lebih baik dari mereka.

Membuat artikel. Membuat artikel bertujuan untuk memberi informasi pada pelanggan anda tentang bisnis, jenis produk, harga, ukuran dan lain sebagainya. Menulis artikel ini sangat vital dalam SEO karena ada panduan khususnya. Tidak semua tulisan bisa menaikkan peringkat. Jadi harus berhati-hati.

Membangun otoritas. Semua website yang ada di nomer #1 google memiliki otoritas yang besar. Logika dasarnya: google ingin merekomendasikan website yang terpercaya. Website-website yang memiliki otoritas rendah tidak akan direkomendasikan. Bagaimana membangun otoritas? Dengan menaikkan domain authority. Ini akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Audit: Bermain SEO kadang membosankan. Materi yang diajarkan itu-itu saja. Apalagi jika anda sudah berhasil naik halaman 1 google. Kendalanya adalah anda akan merasa bosan mengoptimasi. Padahal audit SEO itu sangat penting. Fungsinya agar website anda tidak merosot. Ingat satu hal: kompetitor selalu menguntit di belakang anda. Anda harus bersiap agar terus mendominasi halaman 1 google.

Kesimpulan


Mempelajari SEO sangat bermanfaat bagi bisnis. Jika anda mengelola UMKM entah produk makanan, kuliner atau fashion maka SEO bisa membantu. Di atas kami suguhkan data tentang kenaikan SEO dari tahun ke tahun. Trend di Indonesia juga sama. Mari gunakan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan pendapatan.


Kami ucapkan terima kasih pda produsen gerobak kayu yang telah support kami sehingga postingan ini bisa diterbitkan. Semoga https://produsengerobakangkring.com/jual-gerobak-bakso/ bisa lancar jaya.

22 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page