top of page

SEO Untuk UMKM



Saya masih sering menjumpai pebisnis UMKM yang salah langkah ketika memulai bisnis online. Sebagian besar yang bisa saya wawancari menceritakan bahwa mereka tak memahami dunia online. Ini pernyataan yang jujur dari mereka. Saya anggap wajar saja mereka mengatakan demikian karena memang bisnis online tidak sesimple yang kita bayangkan. Tuntutan untuk belajar mempromosikan produk di internet sangat tinggi karena kompetitor mereka sudah go online lebih dulu. Tapi ternyata dalam praktiknya tidak maju-maju. Ketika menghadapi kegagalan bahwa ternyata online tidak memenuhi target, mereka akan down. Apa yang salah? Bagaimana menawab masalah pelik yang dirasakan banyak orang ini?


Di sini, saya Fadli akan sedikit berbagi tips tentang pentingnya memahami bisnis online bagi UMKM. Tapi kali ini saya akan fokus pada fungsi SEO untuk UMKM karena dari sinilah anda bisa mengerti sedikit demi sedikit apa kesalahan yang telah anda lakukan.

Nah baiklah saya akan kenalkan SEO. SEO ini adalah sebuah strategi marketing online yang jarang dikenal oleh mereka yang baru menginjakkan kaki di dunia maya.


Menurut Wikipedia SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari terentu. Mesin pencari di sini adalah google. Mengapa google? Sebab saat ini perusahaan inilah yang digandrungi banyak orang.


Fungsi SEO sebenarnya spesifik untuk mengangkat website toko online kita. Tapi kemudian bisa juga digunakan untuk memperkenalkan media sosial, akun marketplace kita, blog dan lan sebagainya. Tapi saya kira SEO ini menarik untuk dipahami logikanya dulu. Tanpa menguasai dasar SEO anda akan salah memahami fungsinya. Bahkan banyak sekali pemain SEO yang sudah memahami cara mainnya tetap salah langkah. Apa sebabnya? Mereka tak mengenal bagaimana SEO bekerja. Di sinilah fungsi SEO untuk UMKM.


Saya akan coba menyesuaikan kebutuhan anda ketika anda mengiklankan di media sosial atau marketplace. Karena SEO untuk website sudah saya sampaikan di tulisan yang lain. Jadi di sini saya akan bagi tips tentang apa saja yang penting dalam mengiklan di marketplace dan media sosial.


Keyword (kata kunci): kata kunci memegang peranan sentral dalam dunia digital marketing. Tanpa kata kunci mustahil ada dunia online. Pada dasarnya informasi yang terkumpul di internet adalah berupa kata kunci. Anda harus memanfaatkan kata kunci produk anda di platform jualan anda. Misalkan anda jualan di tokopedia. Silakan untuk memberi judul postingan dengan kata kunci produk yang tepat. Cara mengetahui kata kunci yang tepat gmana? Lakukan riset keyword. Banyak situs gratis yang bisa membantu. Di antaranya adalah neilpatel, keywordio, keyword revealer dll. Misalnya saya seorang produsen souvenir kulit. Salah satu produknya adalah ID Card Holder Kulier. Nah anda tinggal berikan produk itu pada judul anda. Kalau produknya gmana, mas? Buat variasi! Contoh variasi ini misalnya harga id card holder kulit asli


Ulasan: Berilah ulasan yang detail pada setiap postingan anda. Banyak penjual pemula di marketplace yang asal-asalan memberi keterangan produk. Hal itu akan mempengaruhi tingkat kunjungan calon konsumen.


URL: Berilah nama yang sesuai dengan produk. Ketika anda mendaftar di sebuah marketplace anda akan diberikan kebebasan menentukan bentuk URL. Saya sarankan untuk memberikan sesuai produk anda. Itu akan membantu konsumen cepat menemukan toko anda.


Otoritas: setelah anda mencari kata kunci, memberi nama URL, memberi ulasan sekarang saatnya menyebarkan akun toko anda di media sosial. Ini yang dinamakan dengan membangun otoritas. Kalau anda punya situs cara menaikkan otoritas adalah dengan melalui backlink.


Kesimpulan

Nah sebenarnya ketika anda sudah memenuhi tahap-tahap di atas anda sudah menjalani fungsi SEO yaitu mengoptimasi toko anda. Mengoptimasi sama dengan memperkenalkan kepada publik. Bukankah tujuan utama anda berjualan adalah agar toko anda dikenal karena dengan itu probabilitas penjualannya tinggi?

24 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page